Minggu, 23 Desember 2012

Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi didalam kehidupan Budaya


Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi didalam kehidupan Budaya


    Seperti yang kita ketahui bersama, didalam ilmu pengetahuan teknologi, kita akan menemukan teknologi informasi dan teknologi komunikasi. teknologi informasi dan komunikasi tentu saling berhubungan, karena dalam proses komunikasi tentu ada informasi yang disampaikan antara satu individu dengan yang lainnya. didalam proses kehidupan budaya yang ada di indonesia khususnya maupun dunia pada umumnya, kita akan menemukan berbagai macam kebudayaan yang memiliki perbedaan baik secara struktural maupun konsep kehidupan berbudaya. berkembangnya teknologi komunikasi yang ada saat ini, secara langsung turut berperan serta mengubah gaya hidup manusia  sesuai dengan perkembangan zamannya. kita pun tahu bahwa teknologi komunikasi adalah suatu peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya. disini jelas bahwasannya dalam proses komunikasi diantara satu individu dengan individu lainnya diperlukan sebuah media atau perantara untuk mengembangkan berbagai kebudayaan baik yang ada di daerah, provinsi, negara dari satu dengan yang lainnya. saat ini banyak media atau perantara yang dikembangkan oleh manusia agar kita bisa saling berkomunikasi untuk bertukar informasi mengenai bagaimana kehidupan budaya kita. contohnya budaya di indonesia lebih khas dengan budaya ketimuran yang lebih menjunjung tinggi etika, moral, tata krama dengan berbagai macam keanekaragaman budayanya. walaupun di indonesia memiliki keanekaragaman budaya , namun karena kita memiliki rasa persatuan yang dinaungi oleh Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu jua, maka dari sabang sampai merauke kita bisa hidup berdampingan satu sama lainnya dengan berbagai macam perbedaan pola pikir, gaya hidup, budaya, dll. semua itu didasari atas dasar saling menghargai dan saling menghormati demi terwujudnya persatuan indonesia. nah kebudayaan indonesia itu pun dapat diketahui oleh negara-negara lain melalui proses teknologi komunikasi baik melalui komputer, handphone, dll.

    Kalau kita berbicara tentang budaya, maka erat kaitannya dengan gaya hidup. ketika perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat terjadi di indonesia, kita bisa menemukan berbagai macam perubahan terjadi dalam kehidupan berbudaya tanpa menghilangkan kebudayaan asli indonesia sendiri. pandangan masyarakat secara umum mengenai perkembangan teknologi komunikasi dalam kehidupan berbudaya pun memiliki pandangan yang berbeda-beda di kalangan masyarakat. dan pastinya akan ada pro dan kontra karena tidak semua manusia memiliki pandangan yang sama. namun dibalik pro dan kontra tersebut tentu tujuan akhirnya adalah untuk kehidupan berbudaya yang lebih baik bagi masyarakat itu sendiri. dampak positif dari perkembangan teknologi komunikasi yang ada di dalam kehidupan berbudaya didalam masyarakat salah satunya adalah kita bisa saling bertukar kebudayaan satu sama lain, semua disaring dan akan menjadi sebuah kebudayaan baru apabila memiliki efek positif bagi kalangan masyarakat itu sendiri. tentu kita tahu bahwasannya dengan teknologi komunikasi pula kita bisa memiliki akses yang lebih luas untuk saling mengenal kebudayaan, menampung aspirasi dari kalangan masyarakat mengenai munculnya kebudayaan baru di kalangan masyarakat demi kebaikan masyarakat itu sendiri. terbaru budaya yang sangat dekat dengan kita adalah budaya demokrasi. seiring berkembangnya teknologi komunikasi maka secara langsung juga ikut mengembangkan budaya demokrasi di indonesia, karena banyak negara di dunia menganut asas demokrasi dalam kehidupan berbudayanya. namun dibalik efek positif tentu ada efek negatif yang hadir karena tidak semua kalangan bisa dengan mudah menerima kebudayaan baru dari luar tanpa ada perundingan demi terjaganya kebudayaan asli masyarakat itu sendiri. kita pun ingat ketika salah satu artis Lady Gaga yang ingin melaksanakan konser di indonesia mendapatkan pandangan yang berbeda-beda dari kalangan budaya masyarakat. namun yang terlihat lebih banyak kontra terhadap kedatangan Lady Gaga ke indonesia karena menurut pandangan kita , Aksi Lady Gaga ketika Konser tidak sesuai dengan budaya ketimuran yang sudah melekat dan tumbuh di indonesia. animo untuk mendatangkan Lady Gaga ke Indonesia tentu salah satu bentuk wujud nyata berkembangny teknologi komunikasi yang ada di dunia, yang mana kita ketahui Lady Gaga menjadi booming dan besar karena berbagai macam gaya panggungnya yang tak lepas dari berbagai kontroversi. akhirnya pun indonesia memutuskan pembatalan konser dengan berbagai macam pertimbangan demi keamanan serta pelestarian budaya yang harus dijaga dan dijunjung tinggi di kalangan masyarakat indonesia.

     Selain itu, untuk kalangan pelosok atau daerah, sangat sulit untuk mengubah kebudayaan yang sudah tumbuh dalam kehidupan mereka, karena perlu proses adaptasi yang lama untuk mengubah kebudayaan mereka yang sudah melekat dari zaman dahulu sampai saat sekarang dalam kehidupan berbudaya mereka. berbeda dengan kalangan masyarakat perkotaan, mereka akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan hal-hal yang baru, semua itu terjadi karena tuntutan profesi maupun tuntutan gaya hidup yang cenderung bersifat lebih dinamis. perkembangan teknologi komunikasi di perkotaan sangat mempengaruhi budaya yang ada khususnya pada budaya yang sangat berkaitan dengan gaya hidup masyarakatnya. masyarakat di perkotaan bisanya lebih berkembang dikarenakan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin memanjakan mereka. contoh dengan adanya BlackBerry, Android, atau Iphone5 , Smartphone yang memiliki segudang aplikasi untuk saling bertukar informasi antara satu dengan yang lainnya. hal itupun membuat mereka harus beradaptasi lebih cepat mengikuti perkembangan zaman yang ada untuk menggunakan teknologi komunikasi yang memiliki banyak kelebihan dan memudahkan kinerja mereka dalam kehidupan sehari-hari serta saling berinteraksi dalam kehidupan berbudaya. selain itu Sosial Media seperti Facebook, Twitter, WordPress, Blogger, tentu juga memiliki peran yang sangat signifikan atau cukup besar untuk saling berkomunikasi serta memberikan informasi untuk saling mengenal keberagaman budaya hidup manusia di dunia.

       Kesimpulannya, pandangan umum teknologi komunikasi dalam kehiduapn budaya tergantung bagaimana manusia sebagai subjek dalam kehidupan berbudaya itu sendiri dapat menempatkan diri dan memiliki intensitas serta produktivitas untuk menjadi lebih baik seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi dalam kehidupan budaya manusia. kita pun tahu letak geografis suatu keolmpok masyarakat dan mindset (pola pikir) masyarakat pun menjadi suatu komponen yang dapat mempengaruhi pandangan mereka mengenai berkembangnya teknologi komunikasi terhadap budaya manusia. kita pun dituntut untuk lebih kritis dan selektif untuk menerima hal-hal baru atau budaya baru yang datang dari luar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari jika memang memiliki dampak yang baik dalam kehidupan berbudaya masyarakat itu sendiri tentunya sesuai situasi dan kondisi masyarakat itu sendiri. dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi memang sangat memudahkan manusia untuk saling bertukar informasi, menyebar informasi, saling share mengenai kenaekaragaman budaya masing-masing kelompok, dan kita pun dengan selektif dapat menyeleksi informasi tersebut sesuai denga perkembangan kebutuhan masyarakat itu sendiri . seiring perkembangan teknologi komunikasi dalam kehidupan berbudaya dalam kehidupan manusia tentu akan timbul budaya baru dalam suatu kalangan masyarakat yang merupakan wujud suatu inovasi dalam kehidupan yang mungkin dapat diterima baik ataupun tidak dalam kalangan masyarakat itu sendiri karena tentu semua bergantung sejauh mana efektifittas munculnya budaya baru tersebut untuk semakin memudahkan kehidupan berbudaya mereka satu sama lain. tentu semua perkembangan teknologi komunikasi yang ada saat ini hanyalah suatu bentuk wujud kreativitas manusia untuk menjalin perdamaian dunia dengan berbagai macam bentuk kebudayaannya agar dapat saling menghrgai dan hidup berdampingan tanpa ada rasa perbedaan satu sama lain.



NAMA       :WANDRI JULIAN
NPM          : 17212656
KELAS      : 1 EA 28
TUGAS ILMU BUDAYA DASAR
UNIVERSITAS GUNADARMA KAMPUS J KALIMALANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar